kc17

Rabu, 19 Desember 2012

[Panduan Lengkap] Trik Flashdisk dan External Harddisk kebal dari segala ancaman virus (PREVENTIF)

Memang menjengkelkan jika Flashdisk atau External Harddisk kita yang berisi File/Folder yang penting dan berarti bagi kita, Hilang, Rusak, dan Tidak Terbaca yang dikarenakan oleh virus yang menyusup masuk ke dalam Flashdisk kita. Saya akan memberikan kepada anda secara gratis dan lengkap trik-trik agar flashdisk anda kebal dari segala ancaman virus. Berikut trik-trik lengkap.

Sebelumnya, anda harus terlebih dahulu membersihkan virus yang terdapat pada flashdisk anda, Virus lokal (virus yang beredar di daerah Indonesia) maupun Virus Luar (Virus yang umumnya beredar di seluruh negeri). Karena jika tidak, trik-trik yang saya berikan tidak ada gunanya, percuma saja flashdisk menjadi kebal dari ancaman virus jika di dalam flashdisk anda sudah terdapat virus.
Setelah anda membaca peraturan diatas, berikut trik-triknya.

Trik Kebal Virus #1 : Berikan Flashdisk/External Harddisk anda Software Anti-Virus.

Berikan Flashdisk atau External Harddisk anda software Anti-Virus yang sifatnya Portable (Ukuran file yang kecil dan dapat anda simpan di Flashdisk maupun di External Harddisk). Nantinya, Anti-Virus portable tersebut dapat digunakan untuk Scan dan membersihkan File/Folder dari virus. Gunakan Anti-Virus Portable yang ter-update dan stabil.

Trik Kebal Virus #2 : Kebal-kan file “autorun.inf” yang terdapat pada Flashdisk/External Harddisk.

Biasanya virus menyerang di bagian file “autorun.inf”, gunakan software BitDefender USB Immunizer. Berikut Link download softwarenya. [Sofware ini gratis/freeware dan sengaja disebarkan kepada konsumen, jadi anda tidak perlu repot-repot beli. Saya tetap menghargai pembuat software tersebut.]

BitDefender free tools website link : http://www.bitdefender.com/freetools/
Software tersebut dapat mem-blokade akses virus masuk kedalam flashdisk/external harddisk anda. Namun, perlu diingat bahwa sekali anda memasang immunizer kedalam flashdisk/external harddisk anda, anda tidak dapat menghilangkan immunizernya. Kecuali, anda format ulang. Jadi harus anda pikirkan dahulu sebelum menggunakan USB Immunizer.
Trik Kebal Virus #3 : Batasi penggunaan Write-Access (Edit, Hapus, dan atau memasukkan file/folder kedalam flashdisk/external harddisk)
Virus dapat masuk dikarenakan adanya Write-Access yang tidak dibatasi, sehingga flashdisk/external harddisk tersebut memiliki celah yang terbuka bagi virus untuk masuk ke dalam flashdisk/external harddisk. Untuk membatasi penggunaan Write-Access tersebut, diperlukan software yang dinamakan USB Write Protect. Tetapi ingat, ketahui cara penggunaannya sebelum menggunakan software tersebut, anda cari referensi/artikel tentang cara penggunaan USB Write Protect, saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan ataupun hilangnya file/folder anda. USB Write Protect juga digolongkan sebagai software Freeware, sama seperti software yang saya jelaskan di Trik Kebal Virus #2.


Berikut link asli pembuat dan download software USB Write Protect : http://nareshmdr.com.np/
Trik Kebal Virus #4 (Opsional) : Berikan Flashdisk/External Harddisk sebuah Encryptor (Software yang berfungsi untuk menjaga flashdisk/external harddisk dari tangan-tangan asing dan menjaga privasi anda.
 

Seperti yang saya jelaskan, Encryptor menjaga file/folder anda dengan kode password, jadi tidak sembarang orang dapat masuk dan mengakses file/folder anda. Jika anda menggunakan Sistem Operasi Windows 7, anda dapat menggunakan software BitLocker Drive Encryption. Berikut cara pemasangan Encryptor : 
  1. Masuk ke Control Panel
  2. Masuk ke tulisan yang fontnya berwarna hijau "System and Security"
  3. Masuk ke tulisan yang fontnya berwarna hijau "BitLocker Drive Encryption"
  4. Pilih Drive atau flashdisk yang akan di Encrypt, lalu pilih dan tekan "Turn On BitLocker"
  5. Pilih dan centang "Use a password to unlock the drive" lalu buat password terserah anda.
  6. Jika sudah, Klik Next.
  7. Anda juga perlu menyimpan Recovery Key nya, jika sewaktu-waktu anda lupa passwordnya.
  8. Klik Next, lalu tunggu hingga prosesnya selesai. (Lamanya proses tergantung pada kecepatan Write-Access Drive anda dan File yang tersimpan di dalam drive yang di encrypt.)
  9. Jika sudah, pasti akan muncul notifikasi bahwa Proses Enkripsi sudah selesai.

Sekian cara yang saya berikan. Semoga bermanfaat.
Diharapkan untuk pembaca agar lebih menghargai karya dan usaha saya dengan mengcopy sumber artikel dari yang saya berikan kepada anda. Ragiel-Ramadan98.blogspot.com
Mohon maaf bila ada kata yang menyinggung perasaan, sekian dan terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar